Jumat, 08 April 2016

Review Batman v Superman: Dawn of Justice (Part 2)

Kamu udah nonton film ini, terus bingung jalan ceritanya? Atau kamu udah baca Review Part 1 sebelumnya? Saatnya kita Review film ini dari semua sektor penting dari film ini.

Ya, kembali lagi bersama mimin dalam review part 2 dari film ini. Jangan bosan-bosan ya :v

Kalau sebelumnya mimin membahas dari Plotnya, Karakternya, Visualnya, dll. Kali ini mimin mau review setiap scene yang menarik perhatian mimin.

Attention, Review Part 2 ini mengandung banyak SPOILER yang dapat mengganggu kamu wahai yang belom nonton dan mungkin cukup panjang namun cukup penting. Tapi, kalo kamu masih mau membacanya silahkan.

Opening

Scene pertama sekali dibuka dengan Origins seorang Bruce Wayne (Ben Affleck) dan Batman itu sendiri. Scenenya itu buat mimin udah familiar banget dan rasanya sudah berkali-kali orang tua Bruce Wayne dibunuh, baik di film atau di game.

Tapi lucunya scene disini cukup beda, dimana ketika dalam Batman Begins, Thomas Wayne alias ayah dari Bruce, seperti mengalah dan menyerahkan barang berharga yang ada pada dirinya dengan harapan penodong itu pergi.

Namun, Zack Snyder memilih hal yang berbeda. Thomas seakan ingin bertarung dengan penodong tersebut dan menembaknya seketika.

Simple memang, tapi beda bro.
Kemudian saat pemakaman orang tuanya, Bruce seakan tidak bisa terima dan lari dari tempat gambar diatas. Dia masuk kedalam sebuah lubang seperti sumur (tempatnya mirip sekali dengan di Batman Begins), disana dia akhirnya bertemu dengan kelelawar dan lucunya Bruce dan kelelawar tersebut seperti sudah "akrab".
Kemudian dilanjutkan sudut pandang Bruce Wayne ketika di film Man of Steel.

Gedung perusahaannya hancur, karyawannya banyak yang meninggal dan sejak saat itu, dia berasumsi bahwa Superman sangat berbahaya walau Superman menyelamatkan Metropolis dari General Zod. Tapi suatu saat Superman dapat melawan balik kepada masyarakat Bumi itu sendiri.

Oke, menurut mimin Openingnya sangat perfect banget ya, pembawaannya sangat baik. Kita dapat merasakan betapa sedihnya kita jika menjadi Bruce kecil, dan betapa marahnya kita juga ketika melihat Superman memporak-porandakan Bumi kita ini.

Ditambah dengan musik racikan Hans Zimmer yang mampu menghinoptis kita untuk turut merasakan feel dari opening ini. Well, opening yang cukup bagus ya.

Garis Besar Cerita

Film ini cukup panjang dan lama juga ternyata, mimin kasih tau aja garis besar plot film ini.
Ketika Bruce sedang meyakinkan dirinya dan Alfred (Jerremy Irons) untuk melawan Superman. Clark Kent (Henry Cavill) A.K.A Superman berasa seperti tersaingi oleh Batman yang juga memberantas kejahatan di Gotham City.

Apalagi ketika, dia ingin menyelamatkan Lois Lane saat berada di Afrika dari tangan terroris, Superman malah disalahkan atas korban yang berjatuhan disana.

Melihat peluang ini, Lex Luthor mempunyai visi dan misi yang sama untuk menghilangkan Superman dari muka bumi ini. Tapi, menurut mimin ndak jelas kenapa dia ingin itu juga.
Pada saat sidang Superman dalam kasus di Afrika, terjadi bom bunuh diri yang berasal dari suruhan Lex Luthor yang merupakan karyawan juga di Wayne Enterprise (perusahaan Bruce).

Peristiwa itu menyebabkan Superman hilang sementara (seperti ingin menenagkan diri), dan membuka peluang Lex Luthor untuk menghancurkan Superman.

Lex Luthor menggunakan teknologi Kriptonian (Tempat asal Superman) untuk menciptakan saingan Superman, menculik Ibu dan kekasih Superman. 
Lex Luthor memancing Superman dengan melempar Lois Lane dari gedung, lalu membekap Ibunya untuk dijadikan mainan untuk melawan Batman, jika Superman tidak bisa membawa kepala Batman dalam waktu yang ditentukan maka ibunya akan dibunuh.
Disisi yang berbeda ternyata Batman sudah sangat siap untuk membunuh Superman, sebelumnya Bruce mencuri data Lex Luthor dan dia sadar bahwa Superman lemah terhadap Kryptonite. Lalu Batman mencuri Kryptonite milik Lex.
Pertarungan antara Batman dan Superman sangat epic namun cuma singkat aja, pertarungan terhenti ketika Superman mengatakan "I must to save Martha" atau "You must to save Martha" mimin agak lupa, tapi saat itu juga Batman dan saya pun sedikit shock ternyata nama Ibu mereka sama hahaha.
Lois Lane pun tiba tiba hadir dengan menggunakan Helicopter milik Bos nya dari Daily Planet, dan langsung membela Superman dengan menjawab pertanyaan Batman "Martha is his Mother".

Melihat itu, Bruce seperti sadar bahwa ternyata Superman memiliki sifat yang baik dari dugaannya.
Batman langsung sepakat untuk berkerja sama menyelamatkan Ibu Superman dan mengalahkan Lex Luthor.
Sayangnya, waktu terlambat sesosok Monster yang saya sudah bosan melihatnya datang. Doomsday bangkit dari mayat General Zod dan hidup untuk mengalahkan Superman.

Disamping itu, Prince Diana pun datang disaat yang tepat ketika Doomsday mengamuk. Batman, Superman dan Wonder Woman atau yang biasa disebut Trinity bekerja sama untuk membunuh Doomsday.
Superman menggunakan tombak Kryptonite milik Batman untuk membunuh Doomsday, dan sayangnya Doomsday sempat menusuk dada Superman yang menyebabkan dia ikut terbunuh juga.

Kesimpulan Plot

Ini film sebenernya punya plot yang bagus, tapi sayangnya punya beberapa hole di beberapa segmen. Seperti misalnya masih kurang jelas kenapa Lex Luthor membenci Superman, dan kurang dijelaskan bagaimana dia kenal dengan Clark Kent saat di pesta Lex Luthor. Keluhan minor memang hehehe.

Lalu, pertarungan yang sangat pendek sekali terasa seperti kurang terbayarkan dari sebuah film Superhero.

Tapi, Overall film ini masih sangat bagus kalau.....

Warner Bros dan Zack Snyder tidak mengeluarkan macam Trailer kedua dari film ini. 

Kenapa mereka mengeluarkan kejutan sebelum menjadi sebuah kejutan, kenapa mereka mengeluarkan Doomsday di trailer padahal Batman vs Superman sedang hangat dipertanyakan "Siapa yang bakalan menang diantara mereka?"

Itu membuat semua orang berpikir realistis "Yah elah, ujung-ujungnya mereka kerja sama" atau "Jadi judul filmnya gimana sih? Kok gk nyambung?"

Bayangkan ketika kamu ingin memberikan kejutan hadiah buat gebetan, tapi kamu kasih tau dulu isi hadiah itu ke gebetan kamu, trus budget kamu keluarin duit, dll. Aneh gk jadinya?

Seperti itulah rasanya. Poor you Zack and WB. We were so disappointed,

Penjelasan Ending

Ketika Superman dimakamkan, ada sebuah adegan ketika tanah diatas peti Clark Kent seperti melayang. Ini adalah bukti kuat bahwa Superman tidak mati, tapi hanya pingsan. Kok bisa?

Jadi gini sob, Superman gk benar-benar mati karena Superman tidak tertusuk langsung oleh Kryptonite, dia hanya terkena efek biasnya saja yang menyebabkan kekebalannya berkurang yang menyebabkan dadanya sanggup tertembus oleh tulang Doomsday. Sudah jelas?
Kemudian, ketika Lex Luthor sudah ada dalam penjara, dia mengatakan kepada Batman "They will come. tik tok tik tok". Lex Luthor seperti melihat sesuatu di pesawat Krytonian saat dia menciptakan Doomsday.

Siapa yang akan datang? Disimak bagian bawah ya sob.

Penjelasan Dari Mimpi Bruce Wayne

Kamu lihat gambar diatas, ada sebuah lambang Omega tercetak ditanah lapangan yang sangat luas.

Lambang itu adalah lambang dari Darkseid. Darkseid adalah salah satu musuh terkuat Justice League.

Darkseid tuh ibarat Thanos dalam Marvel. Lalu kenapa Darkseid ada di film ini? Kok gk kelihatan wujudnya?

Gambar tersebut diambil di salah satu scene "penting" ketika Bruce Wayne tertidur dalam mimpi buruknya. Dia bermimpi ketika keadaan dimana Superman sudah menyerang balik Bumi ini.

Tapi wait,,, Apa kalian yakin ini cuma semua mimpi?

Mari kita ulas lebih lagi, plot dalam mimpinya kira-kira begini sob. Bruce Wayne sedang dalam perjalanan menuju anak buahnya. Dia menugaskan anak buahnya untuk mencari Kryptonite yang digunakan untuk mengalahkan Superman.
Sayangnya anak buahnya ini menghkhianatinya lalu Batman ditangkap oleh tentara yang berlambangkan Superman di lengannya, kemudian banyak Alien yang ikut membantunya.

Batman dibekap bersama dua anak buahnya, Superman datang dengan wajah marah dan membunuh kedua anak buahnya dengan mata lasernya, sontak membuat Bruce ketar ketir.

Lalu Superman mengatakan dengan sangat jelas "You took her from me, she was my life. And you took her from me!" lalu dia membunuh Bruce dengan menusuk dada dengan lengannya.
Pada saat dia bangun, tiba-tiba muncul sesosok dalam sebuah dimensi lain yang diduga adalah The Flash versi Erza Miller lalu dia tergesa-gesa sambil mengatakan "You were right, everything you said about him was right, She was everything Bruce, take care of her, is it too soon?" Kira-kira seperti itu lah perkatannya.

Let me guess, ini bukan sekedar mimpi. Ini adalah Hint atau maksud tersembunyi dari Justice League yang film nya akan mulai tahun depan.

Hmm... Kira-kira seperti ini yang pengen dikasih tau oleh Zack Snyder.

Lois Lane atau ibunya tewas ketika ingin diselamatkan Batman (masih belom tau penyebab kematiannya), namun emosi Superman menjadi unstable atau menganggap Batman membunuhnya, lalu menyerang balik kepada Justice League. Darkseid yang sempat diperingati oleh Lex Luthor saat dipenjara akhrinya datang.
Darkseid seperti mengajak kerja sama dengan Superman untuk menghabisi umat manusia. Hal ini jelas karena Parademon (makhluk alien yang ada dimimpi Bruce) jelas membantu Superman untuk menangkap Batman.

Sebelum Batman mati, Justice League sudah menugaskan The Flash untuk menggunakan Flashpointnya (atau cara untuk melintasi ruang dan waktu) untuk kembali ke masa lalu dan memberitakan hal yang sudah mimin sebut tadi,

Kira-kira begitu sob, belom tentu bener memang, baru spekulasi dan memang menjadi sebuah hal yang menarik dari film ini.

Cameo Yang Kurang Greget

Cameonya kurang greget. Kenapa?

Karena hanya ditampilin lewat sebuah dokumen rahasia dari Lex Luthor yang ditemukan oleh Bruce Wayne dari data yang dia curi, lalu dia share ke Wonder Woman lewat Email. 

Wonder Woman melihatnya kita pun melihatnya juga, Terlihat jelas ketika Aquaman yang diganggu oleh masyarakat Bumi dan dia kabur dengan kecepatan supersoniknya di air,

Lalu The Flash yang menolong kasir sebuah minimarket yang sedang dirampok dengan kekuatan Flash dia,
Kemudian Cyborg, dalam video tersebut, terlihat seorang ilmuwan yang ingin menemukan cara agar anaknya hidup kembali namun gagal terus. Dia menemukan sebuah batu luar angkasa (diduga salah satu alat Darkseid) yang kemudian menjadi satu menyatu dengan tubuh anaknya, tercipta lah Cyborg.

Kemudian ada foto Wonder Woman yang sudah ada sejak tahun 1918,

Hal yang kurang greget berikutnya adalah tidak ada Green Lantern!

Oke saya salah satu penggemar Hal Jordan A.K.A Green Lantern sangat kecewa, kenapa dia tidak hadir? Apa rencana Warner Bros dan Zack Snyder sih? Kita lihat saja nanti.

Oh ya ada lagi nih, di beberapa kesempatan, ada sebuah Cameo singkat yang mungkin merujuk untuk Joker versi Suicide Squad nanti nih. Contohnya pada saat perbincangannya Bruce Wayne dengan Clark Kent dan baju Robin yang bertuliskan seperti gambar berikut.

Dampak Kepada Justice League

Belom lama ini terdengar dua kabar yang mengejutkan yang terjadi kepada proyek Justice League ini.

Pertama, kabarnya reputasi yang buruk dari Batman v Superman, menyebabkan mundurnya jadwal peluncuruan Justice League dikarenakan Warner Bros ingin membuat ulang skema yang tepat dan nyambung ke Justice League tanpa mengubah pengaruh dari Batman v Superman ini.

Agak repot ya, tapi ini masih kabar burung. Kita lihat saja kedepannya nanti.

Kedua, kabarnya ada salah seorang fans membuat petisi untuk menurunkan Zack Snyder dari kursi Sutradara Justice League, karena khawatir kalau Justice League nanti akan dibuat hancur seperti Batman v Superman ini,

Kesimpulan Akhir

Cukup panjang yah post kali ini? hehehehe maaf maaf.

Karena memang, film ini cukup kompleks banget dan rumit untuk dimengerti oleh orang awam. Untungnya mimin salah satu fanboy DC, jadi ya lumayan paham dengan ceritanya. Lalu saya ingin membagikan apa yang saya paham lewat post ini,

Tapi overall sekali lagi saya mampu menobatkan film ini sebagai film terbaik di akhir bulan Maret dan awal April. Buat tahun ini? Kayaknya tidak. Sorry Zack and Warner Bros :)

Oke nantikan Review film lainnya, atau impresi pertama dari trailer hingga mungkin berita terkini dari dunia perfilman.

Semoga mimin dapet waktu buat ngepost lebih cepet.

See ya :3

Salam Gila Nonton!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar