Senin, 18 April 2016

Film Militer Ala Michael Bay, 13 Hours: The Secret Soldiers of Benghazi (Review)

Salah satu kisah yang terus menjadi kenangan bagi warga Amerika Serikat, dimana ketika teroris menyerang kamp diplomatik Amerika Serikat di Benghazi pada 2012 silam, diangkat di layar lebar oleh Michael Bay sang 'Transformator'.


Yap, mimin kembali me-review sebuah film. Mimin punya kesempatan buat nonton nih film 2 minggu lalu sebenarnya, cuma baru bisa reviewnya sekarang.

But anyway kita langsung saja ke Plotnya.


Review ini akan ditemukan sedikit bocoran atau SPOILER tapi mimin akan berusaha untuk meminimalkannya.


Plot

Ini film Based On True Story, semestinya Mitchel Zuckoff sang penulis tidak perlu banyak mengoprek kisahnya lagi menurut pandangan fiktif. Yang ada hanyalah fakta yang disusun supaya penonton mudah mengerti dan menganggap "itu seru".

Dan dia berhasil membuatnya seperti itu. Film ini terlihat sangat menarik, balutan militer yang bercampur khas Michael Bay yang membuat film ini tidak terlalu hambar. Dijamin deh, masih ada beberapa scene yang mampu menggelitik perut kamu.

Mungkin dibagian awal sekitaran 30 menit awal, Plotnya berjalan lambat dan terlihat cukup membosankan, Tapi, pada bagian inilah, kita sebenarnya cukup banyak dikenalkan setiap fakta pribadi setiap karakter.

Karna memang kisah nyatanya, pada bagian pertengahan hingga menuju akhir film adalah bagian terseru dan menegangkan dari film ini, namun tetap ada bagian yang "tidak hambar" tadi.
Sebelum menyaksikannya di bioskop, mimin sama sekali belum pernah tau kisah ini. Dan Michael Bay sukses membuat hati saya cukup tersentuh dalam presentasinya ini.

Adalah sekelompok CIA yang ditugaskan untuk melindungi Duta Besar Amerika  Serikat dalam misi perdamaiannya di Benghazi, Libya. Intinya begitu, apakah mereka berhasil melindungi DuBes Amrik? Saksikan di bioskop kesayangan anda :)

Karakter

Jujur, ketika nontonnya, mimin agak kesulitan mengingat dan memilah dengan jelas setiap karakter.

Pertama, Michael kurang menjelaskan nama setiap karakter dengan gamblang atau bisa dibilang seperti tersamarkan.

Kedua, hampir setiap wajah mereka tertutupi oleh jenggot dan kumis, sehingga cukup sangat sulit juga untuk membedakannya.

Ketiga, cukup banyaknya pemain yang terlibat membuat cukup pusing kita memilahnya.

Tapi, itu cuma opini dan perasaan mimin aja.

Overall, meskipun nama Aktor dan Aktrisnya masih asing ditelinga mimin, tapi performa mereka tidak bisa dianggap remeh. Acting mereka sangat berasa. Dan tugas setiap pemain pun sukses mereka perlihatkan.

Dan syukurnya, ada 2 karakter yang tampil cukup baik disini, kehadirannya membuat film ini "tidak hambar". Siapa mereka? Cari sob di bioskop termurah yang kamu sayangi hari ini. :v

Sayangnya, ya itu tadi mungkin kita akan cukup sulit memilah setiap pemain.


Klimaks

Mungkin jika kamu belum tau kisah Serangan Benghazi 2012, kamu akan merasa ini adalah Plot Twist yang cukup di luar dugaan kita.

Mimin jamin, bagian Klimaks ini sanggup buat kamu cukup terpana karna seru dan menyentuh. Sungguh, kamu harus menyaksikannya sendiri.


Kelemahan

Kelemahan yang sangat dirasa hanya dibagian karakter. Karakter yang pengenalannya cukup kurang dijelaskan, menyebabkan kita seperti meraba-raba "yang mati yang mana sih?" atau "eh yang punya anak ini yang mana sih?"

Cukup menyebalkan sih, jadi saran mimin kalau kamu mau nonton, kamu harus lebih berkonsentrasi.

Kelebihan

Plot serius namun "tidak hambar", karakterisasi yang cukup terasa, Plot Twist yang cukup membuat kita terpana, dan action khas Michael Bay, cari apalagi man?

Intinya, film ini cukup sukses membawa banyak kelebihan ketimbang kekurangan, walau pun tidak luar biasa banget. Tapi tidak salah memang IMDb menilai  7.5/10.

Conclusion

Selepas dari robot-robotan ala Transformers, Michael Bay terbilang cukup sukses menggarap film ini. Bahkan menurut mimin, film ini cukup bisa disandingkan dengan film dengan tema mirip yaitu Black Hawk Down.

Pada pertengahan bulan ini, film ini mungkin akan cukup tergeser dengan adanya The Jungle Book, The Huntsman: Winter's War atau mungkin Eye in the Sky yang sedang tayang sekarang, bahkan di akhir bulan nanti Captain America: Civil War akan dengan mudah membuat film ini Babak Belur.

Tapi kemunculannya pada awal bulan, ternyata sanggup menyaingi film Blockbuster Batman v Superman: Dawn of Justice bahkan ratingnya sanggup melampauinya. Mengingat film ini tidak terlalu banyak promosi sebanyak BvS. Excellent!

Untuk kamu yang belom nonton dan suka dengan film perang, film ini masih pantas untuk ditonton.

Tapi bagi kamu yang belom menontonnya, ada pilihan lain yaitu Eye in the Sky.

Terima kasih sudah membaca Review ini, semoga bermanfaat, comment jika ada yang merasa kurang dan mau ditanya.

Oke nantikan Review film lainnya, atau impresi pertama dari trailer hingga mungkin berita terkini dari dunia perfilman.

Semoga mimin dapet waktu buat ngepost lebih cepet lagi,

Salam Gila Nonton!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar